Get Social

Review: ‘Xiaomi Mi Note’, Smartphone Penantang iPhone 6 Plus
Posted by

Review: ‘Xiaomi Mi Note’, Smartphone Penantang iPhone 6 Plus

Mi Note menjadi phablet pertama yang dirilis Xiaomi. Secara terang-terangan phablet ini menantang iPhone 6 Plus dengan desain lebih lebar dan ramping dibandingkan ponsel jumbo besutan Apple tersebut. Review: ‘Xiaomi Mi Note’, Smartphone Penantang iPhone 6 Plus

Pada peluncurannya di National Convention Center, Beijing, China, Kali ini Media berkesempatan berkenalan dengan si phablet tipis ini.

Waktu yang terbatas memang membuat terasa kurang menjelajahinya. Namun setidaknya, berikut kesan pertama terhadap Mi Note.

1, Desain

Secara keseluruhan, desain ponsel dengan ketebalan 6,95 mm ini mungkin tidak serta merta menarik perhatian. Biasa saja, sampai kita melihatnya lebih dekat. Secara tampilan, Mi Note memang tampak premium, sesuai dengan segmen kelas seri gadget ‘Mi’ Xiaomi.

Layar lega 5,7 inch Full HD 1080p tampak cling dari berbagai sudut pandang. Keuntungannya, layar ini memanjakan mata saat bermain game, melihat video, foto atau konten lain. Sisi kanan dan kiri cover belakang mengusung desain lengkung countered 3D curve yang membuatnya tampak ramping.

Frame alumunium dan Gorilla Glass 3 yang membalut bagian depan dan belakang ponsel memang membuat ponsel terlihat glossy dan wah. Material ini juga diklaim CEO Xiaomi Lei Jun memiliki daya tahan tinggi terhadap goresan dan guncangan.

Desain cover belakang dibuat agak melengkung pada sisi kiri dan kanan, agar phablet nyaman digenggam. Sayangnya, material kaca yang juga dipakai pada bagian belakang justru sedikit mengurangi kenyamanan karena terasa licin.

Di sisi kanan terdapat tombol volume, sementara sisi kirinya adalah slot SIM card. Menariknya, slot SIM card berdesain drawer atau laci ini menyediakan tempat untuk dua SIM card sekaligus.

Ya, phablet ini dual 4G SIM card. Satu untuk micro SIM card dan satu lagi nano SIM card, keduanya dual standby. Sisi bagian atas terdapat jack audio 3,5 mm dan di bagian diletakkan port micro USB dan speaker.

 

2. Kamera

http://images.detik.com/content/2015/01/19/406/090716_minote6.jpg

Menyaingi handset rivalnya Apple dan Samsung, Mi Note menawarkan kamera Sony 13 MP berbekal Optical Image Stabilization (OIS). Hasil jepretannya tidak mengecewakan. Menariknya, meski dengan tambahan OIS, bagian kamera utama Mi Note tidak menonjol seperti iPhone 6 Plus.

Xiaomi membangga-banggakannya saat peluncuran phabletnya tersebut. Desain kamera yang tidak menonjol ini bahkan sudah dipatenkannya. Di sisi kamera utama disediakan dual LED flash two tone Philips untuk menghasilkan pencahayaan lebih natural. Kamera depan 4 MP dengan 2 micron pixel yang besar sepertinya bakal disukai para pecinta selfie.

 

3.Software

http://images.detik.com/content/2015/01/19/406/090941_minote9.jpg

Seperti semua seri gadget Xiaomi, Mi Note menggunakan user interface MIUI di atas OS Android. Adapun Android yang dibenamkan adalah Lollipop.

Mencoba sebentar, pengoperasian terasa mulus. Mengakses aplikasi maupun transisi antar layar terasa cepat. Tentu terlalu dini membuat kesimpulan, mengingat singkatnya waktu mencoba unit gadget ini.

Meski demikian, jika dilihat spesifikasi jeroan yang diusungnya, kinerjanya tampak menjanjikan. Kejutannya, ponsel dengan kapasitas baterai 3.000 mAh ini punya dua versi, yakni Mi Note dan Mi Note Pro.

Mi Note, meski diposisikan di bawah varian Mi Note Pro, tetap punya spesifikasi yang masuk kategori kelas atas. Phablet ini didukung prosesor quad core Snapdragon 801 dengan kecepatan mencapai 2,5 GHz, chip grafis Adreno 330 dan RAM 3 GB.

Sementara Mi Note Pro, punya spesifikasi lebih tinggi yakni dipersenjatai dengan prosesor octa core Qualcomm Snapdragon 810 64-bit, Adreno 430 GPU dan RAM 4 GB.

Spesifikasi lain yang dijagokan Xiaomi dari phablet ini yakni pada audionya. Mi Note didukung sistem audio Hi-Fi yang memungkinkannya memutar audio resolusi tinggi 24-bit/192 KHz.

Demi menyediakan kualitas audio terbaik, Xiaomi juga menyediakan aksesoris yang mendukung. Maka Mi Headphone pun dihadirkan bersamaan dengan perilisan Mi Note.

4.Harga

http://images.detik.com/content/2015/01/19/406/091107_minote11.jpg

Meski sama-sama berada di kelas premium, baik Mi Note maupun Mi Note Pro mengincar segmen berbeda. Mi Note lebih menyasar pengguna di kelas menengah yang ingin merasakan ponsel kelas atas dengan harga masuk akal.

Sedangkan Mi Note Pro dibuat untuk menyasar pengguna di kelas atas yang menginginkan ponsel premium dengan spesifikasi terbaik.

Dengan harga mulai dari 2.299 yuan atau sekitar Rp 4,6 jutaan (versi 16 GB), Xiaomi membekali Mi Note dengan kapasitas RAM terbilang besar, 3 GB. Ini menjadi daya tarik tersendiri mengingat ponsel lain dari para kompetitornya dengan spesifikasi serupa, biasanya berbanderol lebih dari Rp 6,5 juta.

Yang tak kalah memikat adalah Mi Note Pro. Varian lain phablet jagoan Xiaomi ini menghadirkan ukuran RAM terbesar di kelasnya dengan kapasitas 4 GB. Mi Note Pro pun menjadi ponsel kedua yang menawarkan RAM sebesar itu setelah Asus ZenFone 2.

Belum diketahui kapan tepatnya ketersediaan Mi Note. Hanya disebutkan bahwa phablet dengan pilihan warna hitam dan putih ini bakal mulai dipasarkan kuartal dua 2015.

 

 

Sumber : Detiknet

 

BACA JUGA BERITA TERKAIT :

1 0 2276 19 January, 2015 Apple, TUTORIAL, Xiaomi January 19, 2015

About the author

View all articles by affa

Leave a Reply